Januari 22, 2011

Kata Mutiara Imam Ali bin Abi Thalib A.S

Sayyidina Ali bin Abi Thalib A.S (Amirul Mukminin) berkata : " Wahai Manusia, bertanyalah kepadaku sebelum kalian kehilangan aku. Sesungguhnya aku ini lebih mengetahui jalan-jalan langit daripada jalan-jalan bumi, bahkan aku mengetahui sebelum bencana itu terjadi dan menghempaskan impian-impian manusia"

Rosulullah SAWW bersabda " Aku adalah kota ilmu, sedangkan 'Ali adalah pintunya" (Ana Madinatul 'ilmi wal'Aliyyun Babuha).

Beliau juga bersabda " Kedudukan 'Ali di sisiku seperti diriku; ketaatan kepadanya sama dengan ketaatan kepadaku, dan kemasiatan kepadanya sama dengan bermaksiat kepadaku"


Segala puji bagi Allah yang sebelum segala sesuatu yang awal, yang akhir setelah semua yang akhir, dengan keawalanNYA yang wajib untuk tidak ada awalan bagiNYA, dan dengan akhiranNYA wajib untuk tidak ada akhiran bagiNYA. dan aku bersaksi bahwasannya tidak ada Tuhan kecuali Allah, suatu kesaksian yang rahasianya sesuai dengan terang-terangannya, dan hatinya sesuai dengan lisannya.

Jika telah sampai kepada kalian berbagai kenikmatan, maka jangalah kalian menghilangkannya dengan sedikit syukur.

Jika datang kepadamu suatu kenikmatan, maka jadikanlah jamuannya adalah syukur.

Syukur adalah hiasan kekayaan.

Sesungguhnya dalam setiap kenikmatan ada hak bagi Allah. Maka, barangsiapa yang menunaikan hak kenikmatan itu, niscaya Allah akan menambah kenikmatan itu; dan barangsiapa yang lalai dalam menunaikan hak itu, maka dia telah mengambil risiko dengan lenyapnya kenikmatan itu darinya.

Carilah perlindungan kepada Allah Ta'ala dan mohonlah kepadaNYA agar memilihkan yang terbaik dalam urusan-urusanmu. Sebab, sesungguhnya Dia tidak akan menelantarkan orang yang mencari perlindungan kepadaNYA dan tidak akan merugikan orang yang memohon pilihan kepadaNYA.

Sandarkanlah dirimu dalam semua urusanmu kepada Tuhanmu karena sesungguhnya engkau menyandarkannya pada tempat berlindung yang kokoh dan penjagaan yang kuat.

Perbanyaklah mengingat kematian, hari keluarnya (kebangkitan) kalian dari kubur kalian, dan hari berdirinya kalian di hadapan Allaah 'Azza wa Jalla, niscaya berbagai musibah akan terasa ringan bagi kalian.

Barangsiapa yang merasa berat karena musibah, maka hendaklah dia mengingat kematian karena hal itu akan meringankannya. Dan barangsiapa yang merasa disempitkan oleh suatu urusan, maka hendaklah dia mengingat kubur karena hal itu akan melapangkannya.

Demi Allah, sesungguhnya yang mencegahku dari senda gurau adalah kematian.

Perhatikanlah perbuatan yang seandainya kematian mendatangimu, engkau senang karena sedang dalam perbuatan itu. Oleh karena itu, kerjakanlah perbuatan (baik) itu sekarang juga karena mungkin saja engkau akan meninggal sekarang juga. 

 
Akhirat berjalan maju, dunia berjalan mundur. Jadilah generasi akhirat, bukan budak-budak dunia. Sebab hari ini adalah masanya beramal bukan perhitungan, besok masanya perhitungan bukan beramal.